16
Sep
08

Dar.. der.. dor.. Apaan Tuh??

Sebenarnya menjelang lebaran dan tahun baru merupakan salah satu moment yang bikin gue rada kebat-kebit. Bukannya apa, bisa dibilang gue ini rada phobia sama petasan. Kalo pas lagi jalan trus lewatin kerumunan bocah2, bawaannya uda deg2an aj. Takut pada main petasan. Apalagi kalo ternyata emang benar tuh bocah pada maen petasan, tangan gue uda terkepal kencang, bibir gue mengatup rapat, jalan dipercepat. Kalo perlu mending gue muter lewat jalan lain aja deh. Gue rada sensi sm tuh petasan karena suaranya yang bikin kaget, dan juga karena bahayanya kalo kena sasaran lempar.

Ga jarang gue denger kecelakaan yang diakibatkan sm petasan ini. Katanya nih ledakan petasan berukuran besar bisa menciptakan energi yang cukup kuat untuk mematahkan jemari tangan. Suara yang terlalu keras juga bisa memecahkan gendang telinga dan akan berakibat tuli. Bahaya lain, potasium nitrat yang terkandung dalam petasan itu gampang banget terbakar. Potasium nitrat bisa terbakar pada suhu yang rendah, misalnya karena paparan sinar matahari atau disimpan dalam tempat tertutup. Sebatang petasan berukuran besar yang di simpan dalam saku celana pada siang hari bisa meledak dengan sendirinya. Jangan pula berani menyembunyikan petasan di tempat tertutup seperti di bawah kasur atau tumpukan jerami. Bisa jadi petasan akan meledak dengan sendirinya.

Lagi pula pemerintah sendiri uda ngelarang petasan beredar kan? Katanya sh pengguna petasan bisa dijerat dengan UU Darurat nomor 12/1951, dan Pasal 187 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) dengan ancaman hukuman penjara 12 tahun. Pembuatnya sendiri mungkin bisa dikenakan hukum anti terorisme. Tapi kenapa petasan masih bisa dengan gampangnya dijual bebas?

Petasan
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebasPetasan adalah salah satu bahan peledak kimia berdaya ledak rendah atau sering disebut bom low explosive. Petasan telah ada sejak jaman kekaisaran Cina sampai sekarang. Sebelum kita mengenal lebih jauh tentang petasan, saya akan menjelaskan terlebih dahulu tentang apa itu bahan peledak kima. Bahan peledak kimia adalah suatu rakitan yang terdiri atas bahan-bahan berbentuk padat atau cair atau campuran keduanya yang apabila terkena aksi, misalnya benturan, panas, dan gesekan dapat mengakibatkan bereaksi dengan kecepatan tinggi disertai terbentuknya gas-gas dan menimbulkan efek panas serta tekanan yang sangat tinggi. Bahan peledak kimia dibedakan menjadi dua macam, yaitu low explosive (daya ledak rendah)dan high explosive (daya ledak tinggi).Bahan peledak low explosive adalah bahan peledak berdaya ledak rendah yang mempunyai kecepatan detonasi (velocity of detonation) antara 400-800 meter per detik. Bandingkan dengan bahan peledak high explosive yang mempunyai kecepatan detonasi antara 1.000-8.500 meter per detik. Bahan peledak low explosive ini sering disebut propelan (pendorong). Sebab, jenis bahan peledak tersebut banyak digunakan sebagai propelan peluru dan roket.


0 Responses to “Dar.. der.. dor.. Apaan Tuh??”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: