05
Apr
09

cemburu…

cemburu.. ekspresi dari perpaduan marah dan takut yang muncul karena adanya ancaman akan kehilangan yang disayang. berhubung kedua perasaan tersebut (marah dan takut) adalah perasaan yang kuat, maka ga heran klo cemburu menimbulkan reaksi yang keras. ga jarang cemburu berakhir dengan pertengkaran hebat yang bisa merenggangkan hubungan dengan orang lain. cemburu bukan hanya terjadi dengan pasangan saja, bisa juga antara ortu-anak, ato sahabat. penyebab cemburu yang paling mendasar adalah rasa tidak aman dalam diri seseorang. selain itu masalah kepribadian juga ikut andil dalam menentukan tingkat cemburu seseorang.

kepribadian posesif.. orang jenis ini memiliki kecenderungan kuat untuk selalu dapat mengontrol pasangan, anak, ortu maupun sahabatnya. hal ini timbul karena perasaan tidak aman yang tinggi. pemikiran bahwa dirinya akan ditinggalkan sering menghantui seseorang yang posesif, sehingga orang macam ini akan selalu penuh curiga sama orang lain. untuk menanggapi orang yang punya pribadi posesif macam ini, maka harus ada komitmen yang jelas dalam berhubungan dengan orang lain. mulai dari menetapkan batas sampai sejauh mana dia bole mengontrol orang lain. setiap tuduhan yang ada pun harus dibuktikan secara nyata. orang seperti ini pun harus belajar melimpahkan kasih yang tidak egois pada orang lain dan juga perlu ada keterbukaan sehingga tidak ada salah paham dikemudian hari.

kepribadian narsistik.. orang jenis ini cenderung ingin selalu menjadi pusat perhatian. bisa jadi pribadi macam ini terbentuk karena haus akan kasih atau kebalikannya, sangat dimanja. akibatnya dia selalu menuntut orang lain untuk selalu memberi perhatian yang tak terbagi dan jika tidak dituruti, maka dia akan menjadi orang yang mudah curiga. orang yang seperti itu perlu belajar mengerti bahwa tak ada seorang pun yang bisa memperhatikan dirinya terus menerus secara total, sehingga dia pun perlu dilatih untuk memperhatikan orang lain juga, daripada terus menerus fokus pada diri sendiri yang haus akan perhatian.

dalam hubungan berpasangan, selain kedua pribadi bermasalah (posesif dan narsistik), ada juga dua hal lain yang turut melatarbelakangi timbulnya rasa cemburu.

pasangan yang terlalu bebas bergaul dengan teman lawan jenis. ada tipe orang tertentu yang punya sifat terlalu supel, terlalu ramah, sehingga mudah akrab dan dekat dengan orang lain. kedekatan dengan lawan jenis inilah yang biasanya membangkitkan ketakutan kalau relasi ini berlanjut ke hubungan yang lebih dekat. oleh karena itu perlu ada komitmen untuk menetapkan batasan-batasan dalam relasi dengan lawan jenis. hindari penggunaan dalih: “tidak ada apa-apa.”

pengkhianatan. akibat pernah mengalami sakitnya dikhianati, maka seseorang bisa jadi begitu pencemburu. jika hal ini terjadi maka pihak yang bersalah harus meminta maaf berkali-kali dan menerima kemarahan pasangan yang tengah terluka. namun, dalam mengekspresikan kemarahan, pihak yang dilukai juga harus tetap menjaga batas. pihak yang bersalah harus memutuskan semua tali relasi dengan selingkuhannya. dia pun harus hidup transparan dan siap mempertanggungjawabkan setiap keberadaan dan perbuatannya. sementara pihak yang dilukai harus kembali ke fakta dan bukan perasaan belaka dalam menilai kejujuran pasangannya. keduanya harus menyelesaikan masalah akarnya. tak jarang perselingkuhan mulai karena adanya hubungan yang buruk. hal ini harus dibereskan dengan tuntas. keduanya harus mau komitmen untuk tetap bersama betapapun sulit perjalanan pemulihan yang akan dilalui. ingatlah, ga ada yang ga mungkin jika mau berusaha sebaiknya.

sumber. kapanlagi.com


0 Responses to “cemburu…”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: