27
Jan
13

Buang atau Simpan?

1. Jauhkan produk komestik seperti lipstik, krim, dan maskara dari kamar mandi. Demikian juga obat-obatan. Kelembapan area kamar mandi akan mempercepat masa kadaluarsanya.

2. Jauhkan pula dari suhu tinggi, termasuk paparan sinar matahari langsung. Hal itu bisa membuat produk berubah warna dan aroma.

3. Jangan pernah mencampur satu produk kosmetik tertentu dengan produk lainnya ke dalam satu wadah/botol. Ini akan menimbulkan tumbuhnya bakteri yang akan mempercepat masa kadaluarsanya. Lebih parah lagi produk kosmetik tersebut akan menyebabkan iritasi/infeksi bila terus menerus dipakai.

4. Perhatikan baik-baik lotion atau krim yang masih tersisa di atas meja rias. Jika cairan tampak terpisah setelah dibiarkan beberapa saat, berarti harus langsung dibuang.

5. Perhatikan pula baunya. Jika tercium bau yang berubah dari aslinya, berarti sudah kadaluarsa. Artinya kamu sudah segera membuangnya.

6. Foundation, pelembap, dan produk kosmetik berupa krim memiliki masa kadaluarsa kira-kira satu tahun setelah dibuka dan disimpan dengan baik. Jika terlihat ada perubahan, misalnya baunya sudah berubah, berarti kondisinya tidak baik lagi. Sebaiknya segera buang!

7. Wewangian/parfum jika disimpan dengan baik, jauh dari matahari atau panas, dapat disimpan 3-5 tahun lamanya. Sebaiknya simpan minyak wangi di tempat yang sejuk dan gelap. Misalnya di dalam laci atau dalam wadah komestik.

8. Semua jenis kosmetik berbentuk bedak, termasuk perona pipi dan mata, mempunyai masa kadaluarsa yang sangat lama. Hal itu tergantung dari cara pemakaian kamu. Biasakanlah selalu membersihkan kuas kosmetik secara berkala.

9. Pensil kecantikan (pensil alis, pensil binir dan eyeliner) juga memiliki masa kadaluarsa yang lama. Ini karena setiap kali kamu meraut eyeliner atau pensil bibir, berarti baru lagi.

10. Bakteri tidak akan tumbuh produk-produk yang berlilin seperti lipstik atau lipgloss. Jadi, produk ini dapat bertahan samapai 1-2 tahun lamanya. Tapi jika tampak ada bintik-bintik pada permukaan lipstik, pertanda sudah kepanasan atau kelewat lama disimpan dan tak dipakai. Coba kamu periksa warnanya, segera buang lipstik bila telah berubah warnanya.

11. Maskara dan eyeliner cair hanya berjangka waktu 3 bulan. Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang sensitif. Jadi, lindungi dengan baik agar tidak kena infeksi.

AGAR AMAN DAN TAHAN LAMA
– Seringkali kamu memakai tisu atau spons yang berwarna gelap untuk menyapukan bedak di wajah. Ini terjadi karena minyak terkumpul dari kulit dan terserap dalam spons. Hindari hal semacam ini dengan membersihkan/mencuci spons secara teratur. Atau kamu bisa membeli murah untuk sekali pakai.

– Kuas kosmetik harus dicuci sekurang-kurangnya seminggu sekali agar produk kosmetik kamu tetap segar dan higinis. Caranya, cuci kuas dalam wadah berisi campuran air hangat dan sedikit sabun mandi cair. Bilas hingga bersih, serap, dan keringkan air yang tersis dengan tisu atau lap bersih.

– Merupakan ide yang baik untuk meraut atau meruncingkan pensil sekurang-kurangnya seminggu sekali. Ini untuk menghilangkan semua jenis kontaminasi yang ada. Jangan sampai pensil menjadi basah dan kemudian kering kembali, hal ini menyebabkan tumbuhnya jamur.

– Jika kamu memakai maskara atau eyeliner, sesudahnya tutup kembali dengan baik karena jika ada udara yang masuk, bisa membuat bakteri tumbuh subur.

– Hindari gerakan memompa kuas maskara atau eyeliner cair dalam wadahnya. Kebiasaan ini justru mengakibatkan maskara atau eyeliner menjadi cepat kering.


0 Responses to “Buang atau Simpan?”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: